Kata orang singapura tentang Indonesia

Kata orang singapura tentang Indonesia - Ini adalah sebuah cerita nyata yang diceritakan dari sebuah mailist dan telah diceritakan dari forum ke forum di internet hingga para blogger. cerita ini memang agak basi dimata para blogger tapi bagi anda yang belum tahu, anda patut mengetahui cerita ini.



diceritakan seorang warga negara singapura yang sedang berkunjung ke indonesia (Lampung tepatnya saat itu) bertemu dengan sahabatnya (orang Indonesia) dibandara dan merekapun saling tegur sapa dilanjutkan dengan obrolan yang membuat anda-anda semua akan lebih mencintai dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap indonesia. langsung saja silahkan simak cerita tersebut.

Suatu pagi di Bandar Lampung, kami menjemput seseorang di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Sebut saja si bapak.

Si bapak adalah pengusaha asal singapura, dengan logat bicara gaya melayu, english, (atau singlish) beliau menceritakan pengalaman2 hidupnya kepada kami yang masih muda. Mulai dari pengalaman bisnis, spiritual, keluarga, bahkan percintaan hehehe..

Your country is so rich! (Negara kamu itu sangat kaya!), Ah biasa banget kan denger kata-kata begitu. Tapi tunggu dulu..

Si bapak melanjutkan ucapan-nya
Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia! (Indonesia tidak memerlukan dunia ini. Dunia inilah yang butuh indonesia!)

Everything can be found here in Indonesia, u don't need the world! (Semua telah tersedia di indonesia, kalian tidak memerlukan dunia!)

Mudah saja, Indonesia paru2 dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yang butuh Indonesia !

"Singapore is nothing, we cant be rich without Indonesia . 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura setiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami, apartemen2 dan condo terbaru kami yang membeli pun orang-orang indonesia, tidak peduli harga yang selangit, laku keras. Lihatlah rumah sakit kami, orang Indonesia semua yang berobat."

"Kalian tahu bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, benar2 panik. sangat terasa, we are nothing."

"Kalian ga tau kan kalau Agustus kemarin (tahun lalu) saat dunia krisis beras. Termasuk di Singapura dan Malaysia, kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras"

"Lihatlah negara kalian, air bersih dimana-mana.. lihatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari malaysia. Saya pernah ke Kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani disana menjual Rp3000/kg ke sebuah pabrik di China. Dan si pabrik menjualnya kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri"

"Kalian sadar tidak kalau negara-negara lain selalu takut meng-embargo Indonesia?! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, makanya tidak di embargo. Harusnya KALIANLAH YANG MENG-EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah dari petani2 kita sendiri, belilah tekstil garmen dari pabrik2 sendiri. Tak perlu
kalian impor klo bisa produksi sendiri."

"Jika kalian bisa mandiri, bisa MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, Indonesia will rules the world.." (Indonesia akan Mengendalikan Dunia Ini)

Saya (Suranegara) Mohon maaf tidak dapat menyertakan link sumber karena cerita ini telah di publist di ratusan blog serta beberapa forum. jika ada yang merasa mempublist cerita ini UNTUK PERTAMA KALINYA silahkan hub saya untuk dapat saya mencantumkan link suber. terima kasih

39 Comments:

oempak said...

wedan, saya baru tahu cerita ini nih kawan, klo memang cerita itu sungguh nyata, berarti kita sendiri yang bodoh, istilahnya, punya motor tp ga bs makenya, yg pake malah orang lain, mungkin gt kali ya.... mantab kawan, suasana artikelnya smakin menunjukan rasa kebanggaan terhadap negara sendiri.. lanjutkaan :)

Christina S said...

Artikel yang sangat amat menarik!

HARRY REVOLUTION >MIDEAST said...

I LOVE INDONESIA,,,,,LOVE YOUR COUNTRY

Dunia aMe said...

Memang Indonesia kaya, tapi kita belum bisa memanfaatkan kekayaan kita, malah menurut saya kekayaan yg kita punya malah perlahan dimanfaatkan oleh pihak luar, kalau Indonesia ingin mandiri, berantas dulu orang2 yang cuma bisa duduk enak tanpa ada komitmen mambangun negara kita ini.

Softaza.com - Free Software Download said...

aku cinta Indonesia

Hendy Prima said...

AKU BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA

Anonymous said...

NICE POST!!! sebarkan cerita ini gan.. kirim ke media massa.. ane sendiri uda post di fesbuk ane gan!!!

orang tua berzikir said...

sangat menyakitkan dunia tahu ini negara kaya ,tapi sayang rakyatnya kelaparan padahal berada dilumbungnya sendiri.kita pada awalnya memang sudah dibodohkan ,atau memang bodoh dan malas.

Anonymous said...

indonesia memang kaya tp cm kita yg blum bisa memanfaat kan secara maksimal.
trims

Anonymous said...

sayangnya masih banyak orang2 BODOH yang ngebom di negri sendiri.

asep canda said...

buset bangga juga nih jadi warga indo ternyata sangat kaya tapi kenapa selalu di lecehkan oleh malayasia ....

HzButik said...

Negara kita memiliki semua SDA ,
tetapi itu tidak ada gunanya jika SDM kita belum ditingkatkan ..

www.hzbutik.com

KR7 | Kang Robby said...

Semoga.. indonesia lebih baik kedepan... yang kaya ya di bantu yang miskin agar tercipta dinamika kehidupan yang baik... bravo postingannya sobat

Gus Bali said...

Negara kita ini memang kaya, bahkan sangat kaya hanya sayang beribu sayang kekayaan itu tidak bisa dirasakan rakyatnya. Entah dimana salahnya.

Ghufron said...

DAri dulu saya bangga jadi anak Indoesia....

Kuturaden said...

aq membaca nya sampai merinding.... benar2 mengetuk semangat nasionalq... sampai ku berfikir,, "sudahkah aq berbuat untuk negaraku indonesia?"

Jerawat said...

Kita rakyat Indonesia sudah tahu kalo Indonesia kaya, tapi kenapa tidak bisa mengelolanya ????? (seribu pertanyaan).

Dan said...

Gak ada sumber,, gak bisa dipercaya,, hee,, cuma orang goblok yg percaya gitu aja,,

Tips Kesehatan said...

uda sering banget denger cerita ini gan.. tapi nice info dh

Abi said...

Membaca artikel ini saya mendapat 2 perasaan sekaligus, 1. Perasaan bersyukur terhadap Indonesia 2. Perasaan benci sangat sama pemerintahan kita yang korupsi!

Tapi cerita ini tidak seharusnya hanya di jadikan kebanggaan semata, HARUS DI TINDAK LANJUTI, tidak ada gunanya bangga tanpa aksi

Thanks

Anonymous said...

terlalu banyak oknum di negeri ini. dan mereka dibiarkan tmbh subur. rakyatnya tdk bodoh. tp pemerintahnyalah yg mendzolimi dirinya sendiri. rakyat sbg korban. sekian......tar stress kalo inget negri ini.

top beautiful woman said...

saya semakin bangga dengan negara indonesia. Saran kita harus berhenti mengekspor TKI Indonesia ke Malaysia agar kita tidak diremehkan oleh Malaysia.

just-euphoria said...

wow........

sunthree said...

Pengakuan yang jujur dan Indonesia banget, Hanya bangsa indonesia saja yang selalu di bohongi dan anehnya kitapun selalu menerimanya baik-baik, selalu enjoy saja terhadap para Penjajah dan penjarah kekayaan bangsa.

Wendhy van Oujwick said...

Luar biasa ya Negara kita

coba aja SDM kita bisa kayak orang2 Jepang

I wonder what we can do with that

5u91 said...

Suranegara, dongeng anda bagus sekali, anda ini indonesian sekali, artinya apa? artinya lebih banyak cerita, dongeng, bicara, sedikit bekerja (OmDO)
itulah Indonesia

saya juga WNI, tapi saya sedih, masih banyak orang-orang seperti anda di negeri ini.
Kapan Bangsa ini akan Maju, jika warganya hanya bisa OmDo???

pikirkan sendiri kawan...

suranegara said...

@5u91= hello kawan yang hebat... baik, tunjukan identitas anda. dan saya akan turuti semua kemauan anda... dan saya akan sebarkan kepada pembaca bahwa tak ada lagi informasi tentang indonesia karena ada orang hebat seperti anda mengatakan tak perlu OMdo! baik... saya omdo? lalu anda sudah melakukan apa? saya seorang mahasiswa, DAN SEKALIGUS SEORANG GURU DISEBUAH SMK SWASTA yang punya niat bikin negri ini lebih cerdas, walau berHONOR KECIL tapi saya tetap maksimal mengajar di SEKOLAH itu. dan melalui tulisan saya ini saya memberikan semangat kepada saudara2 sebangsa untuk bangkit dan tidak mengeluh karena banyak potensi negara yang harus dimaksimalkan..!!! itulah KERJA SAYA..!!!! LALU APA KERJA ANDA??? SAYA MAU TAHU...!!!!

mubaroki said...

sungguh banyak orang luar yang menghargai INDONESIA.,, Tapi bagaimana dengan kita warga INDONESIA bung..???

delprio said...

indah memang terdengar :(

siapa yang salah?
apa yang salah?
apa memang kita yang salah?

:(

IRHAM ZAINI said...

good
brader, jgn di layani org yg kyak gto,

seandainya ini pn dongeng, ato apa lh
tp ni lh indonesia

BATIK said...

@5u91--> tunjukan mukamu dan mana dadamu??
jangan asal ngomong saja . . .mana identitasmu?????

maju terus anak muda Suranegara . . . .bermimpi, bercita2, diikuti berkerja keras adalah tugas generasi muda!

Bela Negara said...

@5u91 jika anda orang baik seharusnya anda bangga dengan tulisan Pak Suranegara. Dimana tulisan ini sangat memotivasi rakyat dan bangsa Indonesia untuk bangkit serta bangga dengan negaranya.

Anda mengaku WNI tetapi ucapan dan perbuatan anda tidak menggambarkan sebagai seorang WNI, kalau anda memang orang hebat coba prestasi apa yang anda telah perbuat untuk rakyat, bangsa dan negara Indonesia.

Maju terus Pak Suranegara. Huduplah Indonesia Raya

Wisatawan USA said...

Menambahkan artikel diatas. Saya waktu itu akan pergi ke Yogya, dimana di Bandara Internasional Sukarno Hata, saya bertemu seorang WNI yang akan fligh ke Miami Amerika Serikat (bekerja). Kami waktu itu makan KFC dia minta duduk semeja dengan saya dan saya persilahkan. Dia mengatakan bahwa Bandara Sukarno Hata sangat sibuk penuh orang- kaya pasar malam, kelihatannya Bandara ini sudah harus diperluas. Kita menyaksikan beberapa turis mancanegara lalu lalang diterminal keberangkatan terminal 2F. Bandara ini luar biasa dimana setiap 10 menit sekali pesawat take off atau landing.

Dia mengatakan Bandara Sukarno Hata merupakan salah satu Bandara tersibuk di Dunia. Dia menambahkan bahwa banyak warga negara Amerika sangat ingin pergi wisata ke Indonesia. Mereka berusaha menabung hanya ingin dapat berkunjung ke Indonesia.

Saya bertanya apa membuat daya tarik mereka (warganegara Amerika) ingin datang ke Indonesia. Dia mengatakan karena pada masyarakat Indonesia masih ditemukan adanya "kultur manusia baik" yaitu sikap ramah tamah, persaudaraan, toleransi, sopan santun, tolong menolong dan persaudaraan yang kental diantara saudara/warga dan aneka kultur budaya tentunya. Dimana hal itu sudah hilang pada masyarakat di Amerika yang cendrung egosentris. Jadi budaya masyarakat kita yang kita anggap biasa ternyata begitu sangat dihargai di negara lain. Dia menambahkan jika masyarakat dan budaya Indonesia itu dipertahankan saja, maka devisa negara dari kunjungan wisatawan mancanegara sudah cukup membiaya APBN negara Indonesia.

Hambatan utama untuk pencapai itu katanya adalah teroris, anarkis dan radikalisme yang sekarang ini berkembang di Indonesia khususnya dari kelompok Islam Radikal (Wahabi dan turunnannya - sekarang ini berkembang dikantor-kantor dan perumahan) yang menggerus sikap baik bangsa Indonesia. Karena kelompok itu akan selalu mengganggu keamanan dan kedamaian umat manusia. Dia menambahkan hal itu juga telah berefek kepada rakyat Indonesia dimana negara Amerika Serikat melarang orang Indonesia yang menggunakan nama Islam atau simbol/ atribut Islam (berjenggot, berjubah) untuk datang ke Amerika Serikat (dibatalkan/ditolak visanya).

Jadi mari seluruh rakyat Indonesia mari kita kembali kejatidiri budaya kita sendiri yaitu Budaya Indonesia. Jangan ikuti budaya radikal dan jahil yang dibawa dari luar, yang sesat dan merusak itu. Pihak pemerintah juga tolong diperkuat pengawasan untuk warganegara Indonesia yang akan ke Timur Tengah atau datang dari Timur Tengah, supaya tidak terkontaminasi budaya atau paham radikal. Demikian juga ormas Islam yang berkecenderungan radikal cabut saja izinnya dan awasi pengikutnya dan aktivitasnya.

Putra Papua said...

Ayo Indonesia bisa Jo

Maju terus

Dari Bumi Terbit Matahari
Putra Papua

Putra Kapuas said...

Putra putri Indonesia harus bisa menjadi yang terbaik

Predator Pancasila said...

Intinya kesatuan dan persatuan Bangsa dan Indonesia harus dipertahankan. Aksi terorisme dan anarkisme adalah musuh seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Partai yang melindungi kegiatan terorisme, anarkisme dan anti Pancasila sebaiknya dibubarkan saja dan cabut kewarganegaraannya. Kirim mereka ke negara yang sepaham dengan keyakinannya seperti Afganistan (kilafah). Supaya jiwa barbar dan predatornya dapat tumbuh subur karena di Afganistan budaya perang, bunuh-membunuh dan bom bunuh diri hal biasa. oke

Ardian said...

Mohon maaf untuk komentar telat saya ini...

Saya setuju dengan artikel ini karena secara logika memang hampir semua SDA ada di negara ini. menurut saya ketidakmandirian dan kemiskinan rakyatnya ada karena adanya budaya Korupsi, Kolusi dan Pungli dinegeri ini terutama para pejabat, aparat dan birokrasi. Jadi Kemiskinan rakyatnya bisa diatasi kalau pemimpin di negeri ini jujur dan amanah...Jadi anda bisa menilai sendiri presiden, gubernur dan Bupati/Walikota kita sekarang ini seperti apa????

Zahra Izzaty Athiyah Al-Qoyrine . said...

secara pengertian yang lebih luas, semua ini bukan juga masalah korupsi pemerintah , tapi memang sebagian besar anak muda indonesia sangat malas belajar .

Anonymous said...

Izin share ya...:)